KNEE DOWN : PENTING ATAU HANYA SEKEDAR SHOW OFF?

Yahooo... bro and sis, kali ini kita akan membahas satu aktifitas yang saat ini mungkin sedang digandrungi oleh banyak anak muda. Aktifitas ini masih termasuk dalam "efek" ketika sedang melakukan cornering, tapi saat ini sudah melenceng arahnya menjadi sekedar ajang show off dan pamer di antara sesama teman komunitas. Seolah-olah kalo kita berhasil knee down kita akan di anggap lebih expert dan lebih keren dibandingkan dengan mereka yang "mungkin" tidak melakukan knee down.

Yaps... tidak kita pungkiri belakangan ini di antara komunitas biker tanah air, knee down menjadi salah satu hal yang wajib harus bisa dilakukan. Sekalipun mereka tetap peduli dengan safety diri yang meliputi helm standart full face, body protector set, hingga yang tidak perduli dengan safety dan hanya sekedar memakai helm alias modal nekat. Menurut bijak saya, knee down bukan sebuah kondisi yang mudah untuk seorang pemula jika... bukan untuk ajang show off.


Sekali lagi saya tanyakan : Knee down itu penting gak sih?

IMHO menurut saya knee down itu tidak terlalu penting untuk dilakukan ketika cornering. Kita masih bisa cornering dengan benar tanpa melakukan knee down. Bahkan itu jauh lebih aman untuk dilakukan ketika kita melakukan riding di jalan raya bersama teman-teman komunitas.

Sekali lagi knee down adalah sebuah efek dari aktifitas cornering yaitu ketika kita mulai merebahkan motor dan badan sedikit bergeser ke arah kita akan berbelok dengan tujuan agar motor bisa berbelok sesuai dengan racing line atau riding line kita dan bisa mendapatkan kecepatan yang tepat dan aman. Bahkan tanpa kita knee down pun, ketika body steering dan racing line kita benar cornering tetap bisa dilakukan dengan aman. Jangan pernah mencoba menirukan gaya pembalap MotoGP di jalan raya jika anda bukan seorang yang sudah ahli dan terlatih. Butuh latihan yang serius dan benar sehingga tidak hanya sekedar show off.


Perhatikan gambar diatas kemudian bedakan antara rider dengan motor warna merah dan rider dengan wearpack warna putih. Mana yang lebih benar? YOU NEED IT OR JUST FOR SHOW OFF?

Cornering tapi motor kok tetap tegak?

Cornering atau sekedar show off?

Ingat... ketika kita melakukan riding di jalan raya bukan hanya ada kita sendiri namun juga orang lain. Alangkah bijaknya jika kita melakukan hobby atau passion riding kita secara benar dan aman. Sehingga kita bisa mendapat kepuasan batin (kalau kata dulur di riding academy lebih nikmat dari seks.. haha) namun tetap mengedepankan safety pada diri sendiri juga pengguna jalan raya yang lain. 

Karena saya sendiri pun belum bisa dikategorikan sebagai expert bahkan masih pemula, namun pola pikir safety yang ditekankan oleh mentor saya membuat saya lebih bisa menghargai power motor saya, bagaimana motor bisa membawa saya mendapat kepuasan namun juga bisa mengajarkan orang lain untuk bisa berlalu lintas dengan benar.

So.. be humble and wise... and keep the brotherhood!! Ciaooo...

1 komentar:

  1. Selamat malam bossku semua...
    Kamu Sering Kalah Main Judi?
    Sudah Tidak Jaman Lagi Kalah Main Judi
    Kami Hadir Dengan Inovasi Terbaru & Tercangih, Dengan Jackpot Yang Super Pasti & Gampang Untuk Menang Terus Di Setiap Hari .
    Transaksi Cepat, Aman & Terpercaya.
    Tersedia 7 Games Dalam 1 User ID :
    New Game ------>> GAME SAKONG
    Poker, Domino, BandarQ, Capsa, Sakong
    Minimal Deposit Rp.15.000,-
    Minimal Withdraw Rp.15.000,-

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.